jenis-jenis asuransi
Sumber: jejak-Ide.com

Jenis-jenis asuransi di Indonesia, apa saja ya? Seperti yang kita ketahui, bahwasannya asuransi sekarang ini sudah bukan lagi hal yang menakutkan. Dahulu banyak orang bergegas untuk menutup pintu jika ada sales asuransi datang. Sebaliknya, sekarang mereka berlomba-lomba untuk mencari perusahaan Asuransi terbaik untuk melindungi asset, kesehatan dan jiwa mereka.

Sebenarnya apa sih asuransi itu? Asuransi merupakan sebuah perjanjian yang terjadi antara 2 orang atau lebih dengan ketentuan pihak tertanggung akan membayarkan sejumlah iuran/kontribusi/premi. Premi ini untuk kedepannya mendapat penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, atau kehilangan, yang bisa saja terjadi sebab peristiwa yang tidak terduga. Asuransi berasal dari bahasa Inggris, yaitu “insurance” dan juga dari bahasa Belanda, assurantie atau verzekering.

Adapun untuk jenis-jenis asuransi di Indonesia, ada beberapa yang sudah berjalan lancar. Selain itu mereka juga sudah masuk kedalam daftar pengawasan otoritas jasa keuangan (OJK). Jenis asuransi tersebut yaitu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan dan asuransi kepemilikan rumah dan properti. Berikut beberapa jenis asuransi yang akan kami jabarkan satu persatu:

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan layanan yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerugian finansial atau dampak kehilangan pendapatan pribadi atau keluarga. Penyebab yang umum adalah meninggalnya salah satu anggota keluarga (tertanggung) dan sebelumnya ia menjadi tulang punggung keluarga.

Singkatnya, asuransi jiwa adalah produk yang rancangannya untuk mencegah individu atau keluarga dari kerugian ekonomi tidak terduga akibat kematian tertanggung. Masyarakat harus mewaspadai beberapa asuransi jiwa. Khusus di Indonesia, empat jenis asuransi jiwa bisa Anda beli sesuai kebutuhan.

Jenis asuransi jiwa tersebut yaitu asuransi jiwa berjangka, asuransi seluruh jiwa, asuransi jiwa unit link dan asuransi jiwa pensiun.

Asuransi jiwa berjangka

Produk asuransi jiwa berjangka merupakan bentuk dasar dari asuransi jiwa. Perlindungan ini memberikan pengaturan yang sesuai dengan jangka waktu yang Anda inginkan. Adapun jangka waktunya mulai dari 5 hingga 30 tahun, sehingga ahli waris akan menerima nilai pertanggungan setelah nasabah meninggal.

Asuransi seumur hidup (seumur hidup)

Jenis asuransi jiwa seumur hidup memberikan perlindungan terbesar sepanjang siklus hidup nasabah, dengan batas usia maksimal 100 tahun. Biasanya polis ini menjanjikan pengembalian premi pada akhir masa asuransi. Oleh karena itu, meskipun kita telah melewati 100 tahun, premi tidak akan hilang seluruhnya.

Menariknya, asuransi seumur hidup biasanya juga menyertakan dana pensiun. Salah satu dari jenis-jenis asuransi ini banyak yang menyukai karena tertanggung  akan merasa terlindungi dan terjamin hidupnya pada masa tua kelak.

Asuransi jiwa unit link

Selain itu, juga ada asuransi jiwa unit link bagi nasabah yang ingin berinvestasi dalam waktu yang bersamaan. Belakangan, tidak semua premi yang sudah terbayarkan ke perusahaan asuransi terpakai untuk membayar biaya asuransi. Namun, ada pula yang teralihkan ke investasi pada berbagai aset seperti saham, deposito atau obligasi. Tentu, ini merupakan investasi jangka panjang ya!

Asuransi jiwa pensiun

Produk satu ini memang belum terlalu familiar. Asuransi pensiun merupakan produk asuransi jiwa dengan keunggulan tabungan. Sebagian dari premi nasabah akan beralih ke tabungan, dan sisanya akan terpakai untuk melindungi kepentingan lain. Pada akhir masa polis, ahli waris akan mendapatkan nilai tunai berupa tabungan dan nilai pertanggungan.

Produk ini cocok untuk mereka yang memiliki rencana keuangan jangka panjang, seperti penggalangan dana pendidikan, dana pensiun atau dana pernikahan.

Asuransi Kesehatan

Jenis-jenis asuransi yang juga tak kalah penting yaitu asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan sendiri merupakan salah satu produk yang rancangannya khusus untuk memberikan jaminan kesehatan kepada tertanggung. Salah satunya yaitu ketika tertanggung mengalami penyakit tertentu atau mengalami kecelakaan.

Perusahaan asuransi kesehatan menawarkan berbagai pilihan yang bisa Anda pilih, mulai dari melindungi biaya rawat inap rumah sakit sampai biaya rawat jalan sebelum dan juga sesudah rawat inap. Selain itu, asuransi satu ini kini juga bisa menanggung biaya persalinan normal maupun sesar bagi tertanggung.

Untuk mendapatkan perlindungan atau manfaat dari asuransi kesehatan, setiap nasabah atau pemegang polis harus membayar sejumlah premi secara rutin. Adapun jumlah besaran premi asuransi kesehatan bervariasi tergantung dari status kesehatan tertanggung, tingkat risiko, manfaat dan ketentuan lain dari perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Asuransi swasta berbeda dengan BPJS, mereka memiliki beberapa keunggulan yang tidak ada dalam BPJS Kesehatan, salah satunya seperti kecepatan, kemudahan dan keleluasaan dalam memilih rumah sakit.

Asuransi Kendaraan

Jenis-jenis asuransi selanjutnya yaitu asuransi kendaraan. Tidak mengherankan jika semakin tinggi taraf hidup masyarakat Indonesia maka permintaan akan mobil semakin meningkat. Apalagi mobil merupakan alat transportasi impian banyak orang.

Hal ini menjadikan mobil sebagai kendaraan yang sangat berharga dan harus terawat dengan baik. Harganya yang cukup mahal tentunya membuat semua orang tidak ingin terjadi hal buruk pada mobil kita. Oleh karena itu, sangat penting untuk membeli asuransi kendaraan untuk mobil baru.

Asuransi All-Risk

Pemilik mobil baru dapat memilih dua produk asuransi: asuransi penuh atau asuransi komprehensif dan TLO. Untuk asuransi mobil risiko penuh atau komprehensif , perusahaan akan memberikan kompensasi untuk semua jenis kerusakan, baik kerusakan ringan, kerugian kecelakaan lalu lintas atau kerusakan serius yang terjadi akibat bencana alam dan kerusuhan. Dengan membayar premi rutin sesuai kontrak yang ada dalam polis asuransi, Anda bisa mendapatkan prosedur perlindungan mobil Anda.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Untuk asuransi Total Loss Only (TLO), risiko pencurian dan kerusakan hanya tercover jika biaya perbaikan rata-rata sama atau lebih dari 75% dari harga kendaraan sebelum kerugian. Alasan memilih asuransi Total Loss Only (TLO) karena harga premi lebih murah dari asuransi all risk.

Asuransi Kepemilikan Rumah dan Properti

Jenis-jenis asuransi terakhir yaitu asuransi kepemilikan rumah dan property. Asuransi satu ini merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerugian akibat kebakaran, pencurian atau bencana alam.

Dengan asuransi kepemilikan dan property, maka perusahaan asuransilah yang akan menanggung risiko berbagai bentuk kerugian yang terjadi akibat berbagai hal di atas. Dengan cara ini, Anda bisa tetap tenang dan nyaman, karena aset Anda memiliki tingkat perlindungan paling tinggi untuk mencegah Anda dari kekhawatiran tentang hal-hal tersebut.

Property All Risk / Industrial All Risk

Jenis-jenis asuransi yang tergolong dalam property all risk adalah asuransi kebakaran bebas risiko yang dapat menanggung semua risiko yang timbul dari harta benda dan atau hak tertanggung, kecuali risiko yang tercantum dalam pengecualian seperti: perang, terorisme, senjata nuklir dan radioaktivitas; penundaan, dll.

Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Asuransi merupakan polis standar yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) untuk layanan asuransi kebakaran. Keunggulannya adalah memberikan perlindungan terhadap aset dan atau hak yang tertanggung yang secara langsung terjadi karena sebab-sebab sebagai berikut: kebakaran, petir, ledakan, pesawat jatuh, dan asap.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis asuransi di Indonesia yang dapat kami sampaikan. Jika Anda benar-benar sudah mantap untuk berasuransi, pastikan ada budget khusus untuk pos tersebut ya! Anda tidak perlu memaksakan diri jika memang keuangan belum memadai. Akan tetapi, Anda bisa memulai dari premi terkecil lebih dulu untuk belajar dan mengetahui kemampuan finansial Anda setiap bulannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here