22.4 C
Indonesia
Kamis, Desember 2, 2021

Penyebab Penyakit Herpes Kulit Dan Cara Mengobatinya

Must read

Stoppress – Penyakit herpes kulitmemiliki tanda yakni melepuhnya kulit akibat dari luka dan biasanya berwarna kemerahan di sekitar luka tersebut. Selain itu biasanya luka itu disertai dengan rasa gatal dan perasaan panas. Penyakit ini sering menyerang kulit manusia pada umumnya, yang mana penyebab dari penyakit ini ialah virus HSV. Beberapa bagian tubuh sering menjadi tempat munculnya herpes yakni, punggung, tangan, bibir, leher hingga wajah.

Orang-orang menyebut herpes persis dengan cacar, alasannya karena penyakit ini ditandai dengan gelembung-gelembung yang berisi air dan tumbuh dalam suatu kelompok di daerah tertentu. Orang yang memiliki penyakit ini mengetahuinya secara tiba-tiba bahwa ia terkena herpes. Biasanya orang tersebut sudah merasakan perasaan gatal disertai panas, bukan hanya itu saja tempat munculnya herpes juga terasa perih.

Virus HSV ini memunculkan herpes dalam dua macam yaitu simplex dan zoster, yang mana keduanya merupakan herpes kulit. Namun, penyebab dari keduanya berbeda-beda, bukan hanya penyebabnya saja, gejala yang ditimbulkan pun berbeda. Anda bisa mengetahuinya lebih lanjut, jika membaca penjelasan di bawah ini.

Penyebab Penyakit Herpes

Seperti yang sudah dikatakan bahwa penyebab dari hepes simplex dan zoster berbeda, maka dari itu di sini akan membahas penyebab dari kedua macam herpes tersebut. Yuk simak baik-baik apa saja penyebab dari keduanya!

Herpes Simplex

Pada umunya herpes jenis ini disebabkan oleh virus yang dikenal dengan virus HSV, namun virus tersebut tidak hanya terdiri dari satu macam. HSV memiliki beragai macam jenis dan yang menyebabkan terjadinya herpes simplex ialah HSV-1 dan HSV-2. Bahkan penyebab dari HSV-1 dan HSV-2 pun berbeda. Herpes simplex HSV-1 disebabkan oleh virus yang paling umum ditemukan.

Biasanya virus itu akan membuat mulut Anda sariawan, muncul dibagian leher maupun ruam yang ada ditubuh Anda. Anda bisa mengobati herpes satu ini, namun herpes ini akan muncul sewaktu-waktu pada kulit Anda. HSV-1 menyerang bagian kulit tertentu saja yakni pada bagian mulut dan pinggang ke atas. Penyebab lain yang memicu munculnya HSV-1 ialah daya tahan tubuh, jika imun Anda melemah maka virus ini akan mudah muncul.

Sedangkan untuk Herpes Simplex HSV-2 umumnya menyerang bagian pinggang ke bawah saja, termasuk alat kelamin baik milik wanita maupun pria. Virus yang berada di HSV-2 ini bisa menular ke orang lain melalui hubungan seksual dan tidak bisa menular melalui udara. Herpes ini mudah dilihat jika menyerang laki-laki, sedangkan jika menyerang wanita virus ini tidak dapat dideteksi dengan jelas gejalanya.

Herpes Zoster

Zoster juga disebabkan ileh virus HSV, selain itu penyakit ini juga dikenal sebagai tahap lanjutan dari penyakit cacar air. Hal ini dikarenakan kedua penyakit tersebut memiliki virus yang sama. Infeksi ini akan muncul di beberapa anggota tubuh seperti bagian punggun, dahi serta dada. Gejala yang timbul pun ialah luka melepuh yang berisi air, lambat laun luka tersebut membentuk gelembung yang besar dan bergerombol.

Cara penularan virus ini ialah melalui bersin, batuk serta cairan yang ke luar dari gelembung yang pecah. Jika Anda ingin mencegah penyakit ini agar tidak muncul di tubuh Anda, satu-satunya cara ialah menjaga kebersihan baik itu kebersihan diri maupun kebersihan benda-benda yang sering digunakan. Anda juga harus menghindari kontak secara langsung dengan penderita.

Cara Mengobati Penyakit Herpes Kulit

Semua penyakit pasti memiliki obatnya masing-masing, namun hanya saja ada beberapa penyakit yang tidak diketahui obatnya. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir dengan penyakit herpes kulit, karena penyakit ini suah diketahui obatnya. Jika Anda atau orang sekitar Anda terinfeksi penyaki ini, Anda bisa mengobatinya dengan tenang. Cara pengobatannya pun berbeda-beda tergantung gejala yang ditimbulkan.

Jika penderita memiliki gelembung cairan sebaiknya penderita tetap menjaga gelembung itu agar cairannya tidak muncrat ke mana-mana yang menyebabkan herpes semakin melebar. Apalagi jika gelembung sampai pecah akan memudahkan kuman dan bakteri untuk menginfeksi dan hal tersebut dapat memperburuk kondisi penyakit Anda.

Jika Anda mempunyai alergi terhadap dingin, sangat disarankan untuk tidak mandi, karena hal ini akan menghindari Anda dari efek shock. Jika penyakit Anda disertai dengan demam dan nyeri, cobalah untuk mengkonsumsi obat paracetamol dan obat antiviral, yang mana obat ini akan membantu Anda untuk membunuh virus-virus yang berada di tubuh. Untuk membeli obat antiviral Anda bisa membelinya dengan menyebutkan nama ‘Acylovir’. Anda bisa menggunakan obat ini jika gejala nyeri dan panas yang terjadi di tubuh Anda seperti terbakar. Anda tidak perlu menunggu gelembung cairan muncul di kulit untuk meminum obat ini. Obat ini juga berfungsi untuk melindung penderita dari ketidakberdayaan tubuh untuk menahan virus herpes.

Demikian penyebab dari penyakit herpes kulit dan cara mengobatinya. Anda bisa mengetahui jenis herpes apa yang muncul di tubuh Anda dengan melihat gejala yang dijelaskan di atas. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengobatan dengan tepat dan cepat. Anda juga tidak perlu terlalu khawatir, jika virus itu tidak beralih ke tahap bahaya. Terakhir pastikan Anda selalu menjaga kebersihan baik diri, lingkungan maupun barang.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article